Jumat, 14 September 2012

RPP Bekarakter

Hakikat pembelajaran adalah terjadinya perubahan perilaku. Semua pakar pendidikan, baik secara tersurat maupun tersirat, berpandangan demikian. Ki Hajar Dewantara, Crow&Crow, Witherington, Hilgard, Gage&Berliner, Di Vesta Thompson, dan yang lainnya memberikan penekanan yang sama, belajar berarti perubahan perilaku. Tentu saja, perilaku yang lebih baik dari sebelumnya. Dalam konteks pendidikan, pembelajaran harus menghasilkan peserta didik yang semula tidak bisa menjadi bisa, dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak terampil menjadi terampil, dari tidak punya kepribadian menjadi berkepribadian, dari tidak punya karakter menjadi berkarakter, dan seterusnya.

Kecerdasan majemuk menjadi inspirasi lahirnya model-model pembelajaran inovatif. Teori kecerdasan majemuk atau multiple intelligence merupakan temuan Howard Gardner dari Harvard University. Penerapan teori kecerdasan majemuk telah dibahas tuntas oleh Thomas Armstrong dalam bukunya; Sekolah Para Juara: menerapkan multiple intelligence di dunia pendidikan. Kecerdasan majemuk bisa menjadi dasar bagi guru dan sekolah dalam menyusun kurikulum, rencana pembelajaran – RPP, dan metode pembelajaran yang tepat. Para pendidik perlu memahami 8 jenis kecerdasan pada diri tiap individu.
Kalender pendidikan 2012 diperlukan para guru untuk menyusun program semester dan program tahunan. Memasuki tahun pelajaran baru, blog rencana pembelajaran dot com telah menyiapkan download kalender pendidikan 2012/2013. RPP dan silabus juga perlu dipersiapkan setelah melalui revisi untuk digunakan pada tahun pelajaran ini.
Untuk memudahkan para guru menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan sekolah tempat bertugas. Kalender pendidikan 2012 ini kami sajikan dalam format excel 2003 dan 2007. Dengan demikian, rekan-rekan guru dapat mengedit sesuai dengan program kurikulum di sekolah masing-masing.
RPP berkarakter SD kami sajikan memenuhi permintaan rekan-rekan guru sekolah dasar. Sudah lama kami punya rencana untuk menyediakan download rpp sdberkarakter lengkap dengan silabus. Karena kesibukan ujian nasional dan ulangan akhir semester genap, baru kali ini rpp sd bisa disajikan. Sebenarnya, telah banyak rpp sd di blog rencana pembelajaran ini. Kali ini hanya melengkapi silabus dan rpp sd yang sudah ada. Tentu saja sudah dalam muatan berkarakter.

RPP TIK SMA berkarakter kini bisa anda download di rencana pembelajaran [dot] com. Penyajian contoh RPP TIK SMA ini untuk melengkapi RPP TIK yang sebelumnya telah tersedia RPP SMP. Dalam sajian ini telah dilengkap dengansilabus TIK SMA kelas X, XI, dan kelas XII.
File download RPP TIK SMA dalam format Word agar mudah Anda edit sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah masing-masing. Hal ini sesuai dengan tuntutan kurikulum KTSP 2006 yang berbasis sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar